Jumat, 03 September 2010

TIPS SEHAT





TIPS SEHAT:

Sering Cuci Tangan, Menghindari Penyakit Sedini Mungkin,

Kerap kali ketika tangan terlihat kotor setelah memegang benda yang kotor, kuku tampak hitam, noda menempel, berdebu, barulah mencuci tangan untuk membersihkannya. Padahal tangan yang terlihat bersih belumlah sebuah jaminan tidak kotor atau terbebas dari kuman. Ada baiknya membasuh tangan atau mencuci tangan sesering mungkin. Tentu saja untuk menghindari penyakit menuju hidup senantiasa sehat.

Tak sadar bahwa tangan kita tidak selalu bersih dan ini sering terjadi dalam keseharian kita. Kebanyakan orang yang tidak membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan setelah atau sebelum beraktivitas. Padahal disaat beraktivitas kita memegang sesuatu benda disekitar dimana kuman menempel dan bisa masuk dalam tubuh. Lupa dan lengah sebelum dan setelah memegang sesuatu yang tidak bersih namun terlihat bersih. Bayangkan saja saat kita memegang sesuatu benda yang sebenarnya kotor namun tak terlihat, lantas kita dengan cueknya mengambil cemilan atau makan menggunakan tangan tanpa mencucinya terlebih dahulu.Tak terhitung berapa jumlah kuman yang ikut dan secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan tersebut? Kuman yang tentu saja akan menimbulkan berbagai penyakit. Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai penyakit, kita berbicara mengenai wadah mencuci tangan terlebih dahulu.

Berawal dari wastafel sebagai wadah untuk mencuci tangan. Sebaiknya sediakan wastafel di semua tempat. Sekarang ini hanya tempat tertentu yang menyediakan wadah atau untuk mencuci tangan seperti perkantoran, rumah sakit, restauran besar serta beberapa rumah makan. Tidak semua tempat umum menyediakan wastafel. Berbeda dengan WC umum yang hampir ada disetiap tempat, namun itupun jarang menyediakan wastafel. Kadang di restauran atau rumah makan hanya menyediakan kobokkan saja. Padahal jika kita mencuci tangan di kobokkan, kebersihannya sangatlah kurang. Masih banyak kuman yang menempel ditangan. Bahkan ironisnya lagi satu kobokkan digunakan untuk lebih dari satu orang. Menyedihkan sekali.

Kemudian mencuci tangan di Indonesia sendiri juga belum menjadi suatu kebiasaan. Ini merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab mengapa orang-orang jarang bahkan tidak pernah mencuci tangan karena mereka tidak terbiasa menjaga kebersihan dan kesehatan dengan mencuci tangan. Padahal mencuci tangan adalah kegiatan sehari-hari yang mudah dilakukan dan penting demi menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Mencuci tangan dengan air dan sabun akan banyak mengurangi jumlah mikroorganisma dari kulit dan tangan.

Lantas bagaimana caranya mencuci tangan yang benar? Ada beberapa langkah sederhana dan sangat mudah untuk diikuti, seperti berikut :

- Basahi kedua tangan seluruhnya hingga lengan dengan air yang mengalir
- Gunakan sabun cuci tangan (sabun biasapun cukup memadai)
- Gosok benar-benar semua bagian tangan dan jari selama
10-15 detik, terutama untuk membersihkan bagian- bagian bawah kuku, antara jari, dan punggung tangan.
- Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.
- Keringkan tangan dengan handuk (lap), tisu dan gunakan handuk ataupun tisu untuk menutup keran. Bila handuk tidak tersedia, keringkan dengan udara/diangin-anginkan.

Mudah bukan? Jika sebelumnya tidak terbiasa mencuci tangan, Mulailah untuk mencobanya! Terapkan secara perlahan-lahan agar itu menjadi sebuah kebiasaan. Sebuah Kebiasaan yang mesti diterapkan sedini mungkin. Dimana mencuci tangan adalah kegiatan sehari-hari yang sangat sederhana dan sepele, namun berperan penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan mencuci tangan menghindari penyakit sedini mungkin, misalnya mencegah penyakit flu, penyakit kulit, alergi, gatal-gatal. Kemudian menjadikannya sebuah kebiasaan bukanlah hal yang susah. Niatkan dari dalam diri untuk selalu ingat akan kebersihan dan kesehatan tubuh dengan mencuci tangan. Tinggal cuci tangan, kok repot? (bgs)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar