Rabu, 10 November 2010

Kesehatan Lingkungan


Sumber Daya Manusia

Kesehatan Lingkungan
A.  Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami, merencanakan, mengelola serta mengevaluasi upaya kesehatan lingkungan yang sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat serta dapat melakukan langkah-langkah pemecahan masalah kesehatan lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

B.   Mata Ajaran yang disediakan :

1.    KML100 : Dasar Kesehatan Lingkungan (Principles of Environmental Health).
Kompetensi
Mampu menginterprestasikan kondisi kesehatan lingkungan berdasarkan indikator yang ditetapkan secara benar.
Deskripsi
Membahas hal-hal mendasar bidang kesehatan lingkungan yaitu penyediaan air bersih, sanitasi tempat umum, sanitasi makanan dan minuman,  limbah, konsep rumah sehat, pencemaran lingkungan, vektor dan peraturan perundangan yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan.

2.    KML202 : Penyediaan Air Bersih (Clean Water Supplies)
Kompetensi
Mampu menjelaskan siklus hidrologi air, peran air dalam kesehatan, sumber air baku, metoda pengolahan air, penyediaan air bersih dalam keadaan wabah oleh penyakit yang ditularkan melalui air dan merancang partisipasi masyarakat dalam kelompok pemakai air.
Deskripsi
Membahas konsep dasar penyediaan air bersih, pengolahan air bersih dan partisipasi masyarakat dalam penyediaan air.

3.     KML309 : Pencemaran Lingkungan (Environmental Pollution).
Kompetensi
Mampu menjelaskan konsep pencemaran lingkungan dan dampaknya terhadap kesehatan dan lingkungan dengan menggunakan indikator-indikator pencemaran.

Deskripsi
Membahas hal-hal yang berhubungan dengan pencemaran udara, air dan tanah, indikator pencemaran lingkungan, dampak pencemaran terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat serta upaya-upaya  penanggulangan pencemaran lingkungan.

4.     KML311  : Kesehatan Lingkungan Perumahan dan Pemukiman (Housing/ Settlement Sanitation).
Kompetensi
Mampu menilai dan mengevaluasi perumahan dan pemukiman  serta memberikan usul-usul perbaikan terhadap perumahan dan pemukiman sehingga memenuhi syarat-syarat kesehatan
Deskripsi
Membahas perumahan dan pemukiman yang memenuhi syarat-syarat kesehatan dan melatih mahasiswa untuk dapat menilai perumahan dan pemukiman serta memberikan usul-usul perbaikan terhadap perumahan dan pemukiman sehingga memenuhi syarat kesehatan.

5.     KML342  :  epidemiologi Kesehatan Lingkungan (Environmental Health Epidemiology).
Kompetensi
Mampu memperkirakan dampak kesehatan lingkungan dengan pendekatan epidemiologi.
Deskripsi
Membahas tentang penilaian, pengukuran pemajanan dan pengukuran dampak kesehatan lingkungan, maupun pelaksanaan sistem pemantauan, serta memperkirakan besaran dampak kesehatan lingkungan dengan pendekatan epidemiologi.

6.     KML344  : manajemen penyakit berbasis Lingkungan (Management Of Diseases Based On Environment).
Kompetensi
Mampu melakukan  penyusunan perencanaan, monitoring dan evaluasi dalam penang-gulangan masalah penyakit yang berbasis lingkungan,

Deskripsi
Menjelaskan pengelolaan penyakit berbasis lingkungan, dan penyusunan perencanaan, monitoring dan evaluasi dalam penaggulangan masalah penyakit yang berbasis lingkungan.

7.       KML471 : Pengolahan Limbah Padat dan Gas (Solid and Gas Waster Management)
Kompetensi
Mampu melakukan perencanaan dan evaluasi program pengelolaan limbah padat dan gas dengan menggunakan metoda yang tepat di pedesaan dan perkotaan yang memenuhi syarat kesehatan.
Deskripsi
Membahas pengelolaan limbah padat dan gas, meliputi : Karakteristik limbah padat, pengaruh limbah padat terhadap kesehatan dan lingkungan, elemen fungsional pengelolaan limbah padat, pengolahan limbah padat dengan  konsep zero waste sampah perkotaan, pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan limbah padat, peran sektor kesehatan dalam pengelolaan limbah padat; Karakteristik limbah gas (pencemaran udara), pengaruh pencemaran udara terhadap kesehatan dan lingkungan, pemantauan, pengendalian dan pengelolaan pencemaran udara, perencanaan dan evaluasi program pengelolaan pencemaran udara di pedesaan dan perkotaan

8.      KML473 :  Pengolahan Limbah Cair Domestik dan Industri (Domestic and Industri Liquid Waster Management).
Kompetensi
Mampu melakukan perencanaan dan evaluasi program pengelolaan limbah cair domestik dan industri dengan metoda yang tepat di pedesaan dan perkotaan yang memenuhi syarat kesehatan.
Deskripsi
Membahas pengelolaan limbah cair domestik dan industri, meliputi : komposisi limbah cair dan efeknya terhadap kesehatan masyarakat, proses pengelolaan limbah cair yang berasal dari domestik dan industri baik secara konvensional maupun modern, agar limbah cair tidak menimbulkan gangguan terhadap kesehatan.


9.       KML475 : Analisa Dampak Lingkungan (Environmental Impact Analysis)
Kompetensi
Mampu menjelaskan konsep dasar pelaksanaan analisis mengenai dampak kesehatan lingkungan dari berbagai kegiatan proyek pembangun dan pengelolaan lingkungan berdasarkan peraturan yang berlaku.
Deskripsi
Membahas tentang ruang lingkup AMDAL dalam kebijakan nasional, peraturan perundangan yang berlaku dalam AMDAL, pedekatan ekonomi dalam pengelolaan lingkungan hidup. Dasar pola pengembangan wilayah dan lingkungan hidup, metoda pelaksanaan AMDAL dan penilaian dampak lingkungan, dasar pemantauan dan pengelolaan lingkungan hidup

10.    KML477 :  Kesehatan Lingkungan Tempat-tempat Umum dan Parawisata (Public Places Sanitation).
Kompetensi
Mampu menilai kesehatan lingkungan rumah makan dan restoran, kesehatan lingkungan rumah sakit, kesehatan lingkungan hotel,  kesehatan lingkungan kolam renang dan pemandian umum, kesehatan lingkungan bioskop dan tempat-tempat umum lainnya.
Deskripsi
Membahas persyaratan kesehatan lingkungan yang diperlukan untuk tempat-tempat umum/tempat-tempat yang selalu dikunjungi orang ramai dan pariwisata seperti rumah makan dan restoran, hotel, rumah sakit, kolam renang dan pemandian umum, bioskop dan lain-lain agar tidak menjadi tempat penularan penyakit pada pengunjungnya.

11.    KML479 : Manajemen Pengendalian Vektor (Vector Control Management).
Kompetensi
Mampu melakukan perencanaan dan evaluasi pengendalian vektor yang memenuhi syarat kesehatan.
Deskripsi
Membahas tentang entomologi, sistem vektor penyakit, ekologi vektor, survey dan identifikasi vektor dan perencanaan pengendalian vektor.


12.    KML481 : Toksikologi Lingkungan (Environmental Toxicology).
Kompetensi
Mampu menganalisa dan mengevaluasi bahan toksik secara kuantitatif yang ada di lingkungan maupun yang telah memasuki organisme melalui udara, air, tanah dan makanan untuk meminimalisasi efek toksik.
Deskripsi
Membahas toksikologi lingkungan meliputi : bahan toksik yang terdapat dilingkungan, mekanisme masuknya bahan toksik ke tubuh dan lingkungan, serta usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya efek toksik.

13.    KML483  : Manajemen Penyehatan Makanan dan Minuman (Food and Drink Health Control)
Kompetensi
Mampu menilai bahan makanan dan minuman yang memenuhi syarat kesehatan; menilai cara penyimpanan bahan makanan dan minuman; menilai  cara pengolahan, tempat dan alat pengolahan dan tenaga pengolah makanan dan minuman; menilai cara penyimpanan makanan dan minuman jadi ; menilai cara pengangkutan, tenaga dan alat pengangkut makanan dan minuman; menilai cara penyajian, tempat penyajian dan tenaga penyaji makanan dan minuman yang memenuhi syarat kesehatan
Deskripsi
Membahas cara pengolahan makanan dari mulai bahan baku makanan, penyimpanan bahan baku, pengolahan makanan, penyimpanan makanan jadi, pengangkutan makanan jadi dan penyajian makanan yang memenuhi syarat kesehatan.

14.    KML485 : Program dan Evaluasi Kesehatan Lingkungan (Environmental Health program And Evaluation).
Kompetensi
Mampu menjelaskan sistem kesehatan nasional, menmjelaskan tujuan pembangunan dalam bidang kesehatan lingkungan, mengindentifikasi indikator penilaian program kesehatan lingkungan, merancang pelaksanaan evaluasi program kesehatan lingkungan, mampu menganalisis hasil evaluasi program kesehatan lingkungan.
Deskripsi
Membahas konsep dasar dan prinsip-prinsip program evalusi kesehatan lingkungan, masalah kesehatan lingkungan di Indonesia dan pelaksanaan evaluasi program kesehatan lingkungan.
15.    KML487 : Praktikum Kesehatan Lingkungan (Environmental Health Laboratory Analysis).
Kompetensi
Mampu melakukan pengambilan sampel di lapangan, mengukur dan menganalisis beberapa parameter kesehatan lingkungan
Deskripsi
Menganalisa beberapa parameter kesehatan lingkungan di laboraturium dimulai dari cara pengambilan sampel di lapangan, membawa sampel ke laboraturium dan melakukan pemeriksaan sampel di laboratorium.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar